Vibizdaily    Financial    Regional    Management    Tekno Biz    Info Belanja    Jobs & Career    Forum
 
 

News


Atasi Pengangguran, Kemenakertrans Prioritaskan Program Padat Karya

2011-08-25 09:05:00

(Visijobs-News) - Sebagai salah satu solusi dalam mengurangi angka pengangguran, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengmbangkan program kerja padat karya produktif di berbagai daerah di Indonesia. Program padat karya produktif ini memberikan kesempatan kerja bagi tenaga kerja penganggur, setengah penganggur dan pencari nafkah utama keluarga yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jenis-jenis usaha yang dapat dikembangkan dalam kegiatan padat karya produktif lebih berorientasi pada kegiatan usaha yang bersifat ekonomi produktif dan berkelanjutan, “kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar saat menyerahkan secara simbolis program padat karya penggemukan kambing dan pembuatan kandang di Tangerang Selatan, Banten.

Muhaimin mengatakan sasaran terselenggaranya program padat karya adalah tersedianya kesempatan kerja atau usaha dalam bentuk kegiatan usaha ekonomi produktif perdesaan yang berkesinambungan dan terbangunnya fasilitas infrastruktur ekonomi perdesaan dengan jangka waktu tertentu dan berkesinambungan bagi masyarakat setempat.

“Selama ini usaha yang dikembangkan meliputi sektor pertanian pangan dan holtikultura, sektor peternakan, perikanan, industri kecil seperti pembakaran gamping, batu bata, batako dan pembuatan keramik serta penunjang ekonomi rakyat seperti pasar pedesaan, embung dan waduk, “kata Muhaimin. Adanya program padat karya ini, tambah Muhaimin menjadi salah satu solusi atas Penghentian pengiriman atau moratorium tenaga kerja Indonesia (TKI) sudah dilakukan ke empat negara, yaitu Saudi Arabia, Jordania, Kuwait, dan Malaysia.

“Antisipasi ini dilakukan dengan membuat tiga program andalan yang dapat menampung ribuan calon TKI yang terkena dampak moratorium. Tiga program andalan itu adalah PNPM Mandiri, padat karya produktif, dan melalui teknologi tepat guna yang diterapkan di kantong-kantong TKI di pedesaan, kata Muhaimin.

Dalam kunjungan kerjanya ke Tangerang Selatan, Banten Muhaimin menyerahkan bantuan diantaranya 500 Alquran, CD Profile dan Buku Ketenagakerjaan pemberian dari Balitfo, 1 Paket Bantuan Peralatan, Pelatihan dan Rumah Terampil senilai Rp.230.000.000,- berasal dari Ditjen Binalattas.

Program Teknologi Tepat Guna, Padat Karya Produktif dan Infrastruktur dari Ditjen Binapenta. 4(empat) unit @Rp.20.000.000 (Rp.80.000.000,-) bantuan Koperasi Pekerja yang tersebar di Provinsi Banten dan Subsidi Program Perumahan untuk 50 orang Pekerja @Rp.2000.000,- (Rp.100.000.000,-) dari Ditjen PHI & Jamsos. Total Rp.180.000.000,-CSR Perusahaan dari PT. Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk berupa buku tulis ditambah 500 buah Al Quran CSR Perusahaan, Beasiswa (1 orang SD, 1 orang SMP, 1 orang SMA, 1 orang Perguruan Tinggi) Bina Lingkungan, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian, Jaminan Hari Tua, Pinjaman Uang Muka Perumahan, Paket Lebaran untuk 100 orang (5 orang secara simbolis) dari PT. Jamsostek.

(jtk/JTK/depnakertrans)

(foto: dtc)



Berita Terkait :

Tenaga Honorer K2 Yang Masuk Setelah 2005 Tidak Bisa Diangkat CPNS
Job Fair Kalimantan Selatan Membuka 2500 Peluang Kerja
Andrew Bocking Tinggalkan BlackBerry
Pengumuman Kelulusan Seleksi CPNS Honorer K2 Ditunda
Pemkot Depok Membuka Lowongan CPNS
327 Lowongan CPNS Disiapkan Untuk Pelamar Penyandang Cacat
BIN Buka 151 Lowongan CPNS
Pemerintah Di Bantu BIN Untuk Awasi Penerimaan CPNS
Kualitas Rekrutmen CPNS Pengaruhi Reformasi Birokrasi
Kementrian Lingkungan Hidup Buka Lowongan CPNS

News Archieves


Konten : Job Search | Event | About Us
Management : ADVERTISING | DISCLAIMER | PRIVACY