Vibizdaily    Financial    Regional    Management    Tekno Biz    Info Belanja    Jobs & Career    Forum
 
 

News


Juru Pungut Pajak Belum Terima Upah

2010-08-06 08:13:00

(visijobs-news) - Juru pungut pajak Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Bangka Belitung hingga kini belum menerima upah karena masih menunggu peraturan pemerintah tentang hal itu.

"Sejak Januari 2010 sampai sekarang petugas pemungut pajak belum menerima insentif atau upah pungut," kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Bangka Belitung (Babel) Iskandar Zulkarnain, di Pangkalpinang.

Ia menjelaskan berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Pasal 171 ayat 1, instansi yang melakukan pemungutan pajak dan retribusi daerah dapat diberi insentif atas dasar pencapaian kinerja tertentu.

Pada ayat 3 tata cara pemberian dan pemanfaatan insentif sebagaimana dimaksud pada ayat 1 diatur dengan Peraturan Pemerintah. "Hingga kini PP itu belum terbit, sehingga juru pungut pajak sampai saat ini belum menerima insentif," ujarnya.

Ia mengatakan, pada 2009 upah pungut pajak sebesar lima persen dari jumlah pajak yang berhasil dipungut. "Namun sejak 2010 upah pungut pajak dihapus dan Pemprov Babel tidak memiliki dana untuk pembayaran upah pungut pajak," ujarnya. Menurut dia, upah pungut sebesar lima persen itu dibagi lagi kepada instansi terkait yang memiliki sumber pajak.

"Kalau pajak kendaraan bermotor dibagi kepada kepolisian, pajak bahan bakar dibagi untuk Pertamina dan untuk pemerintah daerah diberikan kepada penanggungjawab awal pengelolaan keuangan daerah yaitu gubernur, wakil gubernur dan sekda," katanya.

Ia menambahkan, walaupun upah pungut belum cair, pencapaian pajak semester I melebihi target. "Saya memberikan pengertian kepada staf saya yang menjadi juru pungut, agar tetap bekerja. Karena masalah itu tidak hanya terjadi di Babel saja, tetapi secara nasional," katanya.

(prs/PRS/ant)

(foto :



Berita Terkait :

PPATK Buka Lowongan CPNS
UMP 2014 Dibicarakan Bersama Oleh Apindo dan Serikat Buruh
Camat dan Tenaga Medis Diminta Siaga Selama Lebaran
THR Karyawan Sudah Banyak Dibagikan
7 Landasan Pelaksanaan BPJS
BPJS Siap Diberlakukan di Jakarta Sebagai Contoh
Akhirnya Gaji Ke-13 Dibayarkan
Petunjuk Pemberian Gaji Ke 13
Industri Indonesia Butuh 200.000 Tenaga Sarjana Teknik
Mau Tahu Gaji Kepala PPATK

News Archieves


Konten : Job Search | Event | About Us
Management : ADVERTISING | DISCLAIMER | PRIVACY