Vibizdaily    Financial    Regional    Management    Tekno Biz    Info Belanja    Jobs & Career    Forum
 
 

Tips & Career


Trik Lolos Focus Group Discussion (FGD)

2012-07-19 15:47:00

focus group discussion(Visijobs-Tips&Career) - Proses seleksi karyawan ditiap perusahaan berbeda-beda, biasanya setelah kita lolos psikotes tahap berikutnya adalah wawancara, tapi ada beberapa perusahaan juga yang menambahkan proses seleksi karyawan dengan menambahkan fokus group discussion (FGD). Nah, mungkin diantara kita ini ada juga sudah lolos psikotes dan wawancara tapi tidak lolos FGD.

Tidak perlu khawatir, supaya tidak terulang lagi berikut ini ada beberapa tips agar lolos FGD:

Sebagai peserta FGD yang aktif tentu saja baik dan akan mendapatkan nilai tambah, tapi harus diingat aktif disini tidak perlu sampai mendominasi apalagi kalau sampai tidak memberikan kesempatan peserta lain berbicara. Selain aktif berbicara sebagai peserta kita juga harus mampu penjadi pendengar yang baik dan mau memhami pendapat orang lain.

Dilarang memotong pembicaraan orang lain. Dan sebaliknya menjadi peserta yang pasif dan kurang berparitisipasi juga bukan calon yang diminati.

Selain keaktivan dalam kelompok, hal lain yang dinilai adalah konsep berpikir. Peserta yang dapat mengajukan pendapatnya secara teratur dan disampaikan dengan suara yang jelas akan mendapatkan poin positif. Dan juga peserta yang dapat mengambil kesimpulan dari berbagai pendapat yang berbeda dari peserta FGD lainnya akan dinilai positif.

Tujuan FGD bukanlah hasil akhir diskusi dan konsep berpikir siapa yang menang, tapi lebih dilihar dari proses diskusinya. Dari situlah, para HRD akan membuat kesimpulan terhadap perilaku masing-masing perserta dan menentukan diterima-tidaknya calon karyawan.

(rie/RIE/cc)

(foto : reynaldosiahaan.blogspot.com)



Artikel Terkait :

Cara Mengatur Pulang Tepat Waktu
Bahasa Tubuh Yang Membawa Kesuksesan
Belajar Jaringan Bisnis Dari Tingkah Hewan Anjing
Tips Nikmati Liburan Dengan Pekerjaan Super Padat
Keberhasilan Dibalik Tantangan
Ingin Naik Jabatan Perhatikan Hal-hal Berikut
Waspadai Kebiasan Buruk Anda Yang Dapat Menghambat Karir
Hindari Gangguan-Gangguang Yang Dapat Membuat Pekerjaan Tak Kunjung Selesai
Ingin Mengubah Karir Perhatikan Hal Berikut :
Berat Ideal Pengaruhi Faktor Kesuksesan Pemimpin

Karirtips Archieves


Konten : Job Search | Event | About Us
Management : ADVERTISING | DISCLAIMER | PRIVACY