Vibizdaily    Financial    Regional    Management    Tekno Biz    Info Belanja    Jobs & Career    Forum
 
 

Info Kampus


Unibraw Malang Membuka 1500 Beasiswa Bidik Misi

2013-04-08 10:40:00

(visijobs-news) - Untuk tahun 2013 Universitas Brawijaya Malang hanya menyediakan kuota 1.500 beasiswa melalui program bidik misi. Pembantu Rektor I Universitas Brawijaya (UB) Prof Bambang Suharto, mengatakan, mahasiswa bidik misi yang mendaftar melalui jalur seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negeri (SNMPTN) atau jalur prestasi (undangan) sudah mencapai 3.697 orang.

"Pendaftar sebanyak itu belum termasuk yang nantinya mendaftar melalui tes tulis yang digelar secara nasional (SBMPTN) dan jalur mandiri. Pendaftaran bidik misi mulai 12 Desember hingga Agustus 2013, namun jalur SBMPTN mulai 28 April hingga 2 Juni 2013," katanya.

Kuota bidik misi tahun lalu, lanjutnya, memang hanya 1.250 kursi, namun ada tambahan sebanyak 275 kursi, sehingga menjadi 1.525 kursi dan terakhir ada tambahan lagi sebanyak 251 kursi. Total mahasiswa bidik misi tahun lalu mencapai 1.776 mahasiswa.

Sebelumnya Rektor UB Prof Yogi Sugito mengatakan jika tahun ini kemungkinan besar jumlah pendaftar beasiswa bidik misi juga meningkat, apalagi tahun ini jumlah mahasiswa baru sekitar 12 ribu orang.

Karena jumlah pendaftar yang terus meningkat, kata Yogi, maka seleksi yang dilakukan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru juga diperketat agar tidak sampai salah sasaran, bahkan tim juga melakukan kunjungan ke rumah calon penerima bidik misi tersebut.

Ia juga mengaku heran kenapa kuota mahasiswa dari jalur Bidik Misi di kampus yang dipimpinnya selalu bertambah dan lebih banyak dari kampus negeri lain yang ada di Kota Malang, seperti Universitas Negeri Malang (UM) maupun Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki).

Kuota mahasiswa Bidik Misi di UM tahun 2012 sebanyak 550 mahasiswa dan di UIN Maliki hanya 170 mahasiswa. Tahun lalu mahasiswa bidik misi secara nasional sebanyak 42 ribu orang dan dua ribu di antaranya adalah mahasiswa di perguruan tinggi swasta. Sedangkan tahun ini bertambah menjadi 60 ribu mahasiswa.

(prs/PRS/ant)

(photo : lensa indonesia)



Artikel Terkait :

Mahasiswa Ciptakan Kopi Luwak Fermentasi
UI Lakukan Acara Wisuda
Mahasiswa Asing Ikut Festival Kuliner Di IPB Bogor
148 Pelajar Mendapat Beasiswa Dari Pemerintah Jepang
Peminat Jurusan Sains & Teknik Masih Rendah
Mahasiswa UNY Temukan Mesin Sangrai Melinjo
Menhut Memberikan Ajakan Pelestarian Hutan
UMB Kerjasama Dengan PT Pindad
Mahasiswa Senegal Dapat Beasiswa Belajar Di Indonesia
Mahasiswa Temukan Senyawa Penghambat Bakteri Tipus

Karirinfo Archieves


Konten : Job Search | Event | About Us
Management : ADVERTISING | DISCLAIMER | PRIVACY