Vibizdaily    Financial    Regional    Management    Tekno Biz    Info Belanja    Jobs & Career    Forum
 
 

Info Kampus


Pilihlah Jurusan Yang Memiliki Prospek Cerah

2013-02-19 18:16:00

(visijobs-kampus info) - Selama ini orang sering menganggap bahwa bila mengalami kegagalan setelah lulus dari sekolah atau kuliah, maka dengan mudah dia akan berkata bahwa dia salah telah memilih jurusan atau salah masuk ke perguruan tinggi dan statment tersebut yang akhirnya malah lebih dipercaya kebenarannya meski acapkali tidak didasarkan sebuah fakta.

Sebagai contoh ada anggapan bahwa sarjana matematika hanya bisa bekerja sebagai guru dan atau lowongan pekerjaan terbatas lainnya karena anggapan matematika masuk kategori ilmu murni bukan ilmu terapan. Tidak heran bila peminat ke jurusan ilmu-ilmu murni dari tahun ke tahun menunjukkan angka yang relatif kecil. Sebuah survei menyebutkan lebih dari 50 persen mahasiswa ternyata merasa salah memilih jurusan di perguruan tinggi.

Bahkan seorang pakar psikolog yang sudah memberikan tes bakat dan minat serta konsultasi kepada sebanyak 20 ribu mahasiswa baik siswa maupun orang tua, menyebut angka 87 persen pelajar bingung dalam memilih jurusan.

Hasil survei tersebut kemudian menggelitik pasangan suami istri Ina Liem dan Budi Prast yang lama berkecimpung di dunia pendidikan untuk menyusun buku yang diharapkan dapat memberikan panduan bagi siswa dan orang tua dalam menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi secara tepat.

Pasangan penulis buku : "7 Jurusan Bergaji Besar", ingin mematahkan mitos soal penilaian yang kurang pas untuk sejumlah jurusan di perguruan tinggi yang justru bisa menghasilkan gaji besar dan pilihan peluang pekerjaan yang lebih banyak.

"Kami melihat baik siswa maupun guru seringkali mengikuti pertimbangan konvensional dalam menentukan dan membimbing siswa menentukan jurusan. Sebenarnya ide menyusun buku ini sudah ada sejak 6 tahun lalu, namun bukunya sendiri baru selesai tahun 2013 dan siap diperjualbelikan", ujar Ina Liem yang selama ini bekerja untuk La Trobe University (Australia) sebagai "in country manager".

Selama setahun itu, sepasang suami istri itu secara maraton mengumpulkan sekitar 2.500 artikel tentang pendidikan sebagai referensi, sekaligus mencari calon narasumber.

Beruntung, Ina yang sudah belasan tahun berkecimpung di dunia pendidikan sebagai konsultan pendidikan, membuatnya akrab dengan sejumlah lembaga pendidikan.

Tujuh Jurusan Menurut Ina Liem, ada tujuh jurusan yang dapat dijadikan pilihan melanjutkan pendidikan tinggi. Tujuh jurusan ini diyakini mampu menunjang masa depan yang cerah karena bisa menuai penghasilan besar bagi lulusannya.

"Semua pekerjaan memang bisa mendapat gaji besar jika dirintis dengan benar. Tapi, untuk fresh graduate yang ingin mendapat gaji besar, tujuh jurusan ini bisa mewujudkannya," kata.

Jurusan pertama yang mampu menghasilkan gaji besar adalah jurusan Matematika yang membuka peluang untuk dapat bergabung dengan perusahaan besar kelas internasional dan berpotensi menjadi pakar analisa.

Jurusan kedua adalah Teknik Informatika (Information Technology-IT).

Selanjutnya,Teknik Kimia. Meski tidak terlalu populer, namun jurusan ini banyak diincar perusahaan produsen "consumer good", seperti produksi pasta gigi, sabun, kosmetika, cat tembok, hingga bahan makanan dan minuman yang melibatkan keahlian lulusan Teknik Kimia.

Empat jurusan berikutnya, yakni manajemen, geologi, teknik pertambangan dan teknik perminyakan memang tidak dipungkiri mampu menghasilkan uang berlimpah bagi para lulusannya.

(prs/PRS/ant)

(photo : vj)



Karirinfo Archieves


Konten : Job Search | Event | About Us
Management : ADVERTISING | DISCLAIMER | PRIVACY