Vibizdaily    Financial    Regional    Management    Tekno Biz    Info Belanja    Jobs & Career    Forum
 
 

Info Kampus


Peluang Kerja Untuk Lulusan Fakultas Perikanan

2010-07-28 21:59:00

(visijobs-campus info) - Peluang kerja bagi para alumni Fakultas Perikanan di Indonesia cukup besar, namun hal ini belum memacu minat lulusan SLTA melanjutkan pendidikan ke program studi perikanan.  Minat calon mahasiswa memilih Fakultas Perikanan ternyata masih minim, padahal peluang kerja bagi lulusan program studi ini cukup menjanjikan, kata Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Bung Hatta, Ir Yempita Efendi MS di Padang.

Karena minat calon mahasiswa minim, jumlah lulusan fakultas perikanan juga belum banyak sehingga berbagai perusahan bergerak di sektor perikanan kesulitan merekrut tenaga sarjana perikanan. Ia mengatakan, perusahan sektor perikanan dari Sumatera Utara dan Lampung sering meminta tenaga kerja lulusan sarjana perikanan kepada Universitas Bung Hatta, tetapi sulit masih untuk dipenuhi, karena jumlah lulusan masih terbatas.

"Selama ini, kami agak kawalahan menghadapi permintaan tenaga kerja lulusan perikanan dari berbagai perusahaan," tambahnya. Namun, dalam dua tahun terakhir, minat calon mahasiswa masuk Fakultas Perikanan mulai meningkat, seperti di universitas Bung Hatta mencapai 40 orang lebih mendaftar, kata Yempita

Ia yakin, lulusan fakultas perikanan tetap dibutuhkan dan memiliki peluang kerja yang menjanjikan, karena wilayah Indonesia lautnya lebih luas dari daratan dan memiliki hasil laut melimpah. Apabila hasil laut Indonesia dapat dikelola dengan baik, maka kehidupan masyarakat di daerah pesisir pantai akan sejahtera, tambahnya.

Untuk itu, Indonesia membutuh sarjana-sarjana perikanan yang cerdas, trampil dan profesional sehingga mampu memanfaatkan alam laut membawa keberkahan bagi masyarakat, katanya.

Universitas Bung Hatta memiliki Fakultas Perikanan dengan dua program studi yakni Budidaya Perikanan dan Pemanfaatan Sumberdaya Perairan yang berupaya melahirkan sarjana-sarjana yang siap pakai untuk tenaga budidaya perikanan pengelola hasil laut yang handal. Fakultas ini pada tahun akademik 2010/2011 membuka mendaftarkan bagi calon mahasiswa hingga 20 Agustus 2010.

(prs/PRS/ant)

(foto : ant)



Artikel Terkait :

Mahasiswa Ciptakan Kopi Luwak Fermentasi
148 Pelajar Mendapat Beasiswa Dari Pemerintah Jepang
Student Loan Diperlukan Sebagai Alternatif Beasiswa
Peminat Jurusan Sains & Teknik Masih Rendah
Mahasiswa UNY Temukan Mesin Sangrai Melinjo
Menhut Memberikan Ajakan Pelestarian Hutan
UMB Kerjasama Dengan PT Pindad
Mahasiswa Senegal Dapat Beasiswa Belajar Di Indonesia
Universitas Airlangga Surabaya Adakan Tes Tulis Bagi Calon Mahasiswa
UNSW Australia Membuka Program Doktor untuk Fakultas Kedokteran

Karirinfo Archieves


Konten : Job Search | Event | About Us
Management : ADVERTISING | DISCLAIMER | PRIVACY