Vibizdaily    Financial    Regional    Management    Tekno Biz    Info Belanja    Jobs & Career    Forum
 
 

Info Kampus


Teliti Gamelan Angklung Bali

2010-05-29 17:12:00

(Visijobs - News) - Mahasiswa Program Studi Seni Kerawitan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar I Gusti Ngurah Nurada meneliti gamelan angklung Bali.

"Gamelan angklung itu merupakan musik tradisional Bali yang memiliki karakteristik teknik permainan yang unik dan khas, sehingga mampu menghasilkan karya cipta yang bermutu," katanya di Denpasar.

Ia melakukan penelitian dan pengkajian terhadap gamelan angklung Desa Sidah, Kabupaten Gianyar sebagai persyaratan meraih gelar S1 dan mempertanggungjawabkan di hadapan tim dosen penguji lembaga pendidikan tinggi seni tersebut.

"Jenis kesenian tabuh yang diwarisi secara turun temurun dari generasi ke generasi itu kini tetap kokoh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Bali," katanya.

Menurut dia, penelitian yang dilakukannya dalam setahun terakhir itu untuk mengetahui seluk beluk gamelan angklung dari berbagai aspek menyangkut musikalitas dan eksistensi.

Ia menjelaskan, penelitian dan pengkajian yang menekankan pada instrumentasi, karakteristik tehnik permainan, dan tehnik "tetekep" dalam menabuh gamelan angklung untuk mengiringi upacara "Pitra Yadnya", yakni penguburan mayat atau upacara Ngaben.

Dalam penelitian itu menggunakan tiga teori sebagai alat bedah untuk mengungkap permasalahan. Ketiga metode tersebut meliputi teori estetika untuk mengungkapkan identitas gamelan dan keindahan, termasuk aspek ensamble, musikalitas, tata penyajian, dan simbol-simbol notasi.

Selain itu, teori semiotika yang dijadikan dasar untuk mengkaji dan menganalisis ungkapan emosional dari pelaku seni yang diwujudkan dalam gamelan angklung dengan mengungkap bahasa musik dan perkembangan makna.

Teori perubahan yang mengungkap eksistensi gamelan angklung khususnya di Desa Sidan, Kabupaten Gianyar. Data yang dikumpulkan merupakan hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

"Dari hasil analisa tersebut menunjukkan kesenian angklung mampu menghasilkan karya cipta yang bermutu," ujar I Gusti Ngurah Nurada.

(prs/PRS/ant)

(foto ; blog)



Artikel Terkait :

Program Beasiswa Presiden Indonesia 2014 Dibuka
Mahasiswa Asing Ikut Festival Kuliner Di IPB Bogor
Menhut Memberikan Ajakan Pelestarian Hutan
UMB Kerjasama Dengan PT Pindad
Mahasiswa Senegal Dapat Beasiswa Belajar Di Indonesia
Mahasiswa Temukan Senyawa Penghambat Bakteri Tipus
Nekat 5 Mahasiswa Unibraw Akan Jual Ginjal Demi Bayar Uang Kuliah
Universitas Airlangga Surabaya Adakan Tes Tulis Bagi Calon Mahasiswa
UNAIR Membuka Pendaftaran Mahasiswa Jalur Mandiri
Pemerintah Keluarkan Kebijakan Beasiswa Melanjutkan S2

Karirinfo Archieves


Konten : Job Search | Event | About Us
Management : ADVERTISING | DISCLAIMER | PRIVACY