Vibizdaily    Financial    Regional    Management    Tekno Biz    Info Belanja    Jobs & Career    Forum
 
 

Info Kampus


Kompetesi Ide Kreatif Mahasiswa Ciptakan Produk Inovatif

2010-04-09 15:08:00

(Visijobs-News) - Produsen perlengkapan rumah tangga asal Swedia, Electrolux, menjaring ide kreatif dari mahasiswa guna menciptakan produk-produk inovatif untuk rumah tangga di masa depan melalui "Electrolux Design Lab 2010".

"Ini akan melibatkan mahasiswa jurusan desain di seluruh dunia sebenarnya. Ajang ini mengajak mahasiswa-mahasiswa berpikir kreatif mengembangkan produk-produk yang ramah lingkungan bagi rumah tangga di masa depan," kata Marketing Manager PT Electrolux Indonesia, Riza M Kristanso, saat ditemui di Fakultas Seni dan Desain Universitas Trisakti, Jakarta.

Ia mengatakan, penjaringan inovasi produk-produk rumah tangga yang praktis dalam penggunaan semakin penting dilakukan, mengingat di tahun 2050 diperkirakan 74 populasi dunia akan tinggal di wilayah perkotaan.

Karena itu, lanjutnya, pada ajang kali ini sengaja memilih tema minimalis dan futuristik, di mana desain yang dihasilkan para mahasiswa memegang konsep minimalis, ramah lingkungan, sesuai ruang dan waktu dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen hingga 90 tahun ke depan.

Pada ajang sebelumnya dua ide produk inovatif yang terjaring dari sekitar 900 mahasiswa dari 50 negara, ia menyebut sepatu pembersih debu dan kulkas tumpuk.

Wakil Dekan IV Fakultas Seni dan Desain Universitas Trisakti, F Melanie Jofatma mengatakan dari sekitar 1.000 mahasiswa seni dan desain Trisakti ada lebih sepuluh orang yang mengirimkan karyanya untuk mengikuti ajang tahunan ini pada 2009.

Sejak empat tahun lalu mahasiswanya mengikuti kompetisi tersebut belum pernah satu pun yang berhasil menjadi finalis.

Belum berhasilnya menjadi finalis, menurut Melanie, tidak apa-apa, karena membuat desain yang diinginkan perusahaan itu tidak mudah. "Yang penting mereka mau mengasah kemampuan melalui ajang ini," ujarnya.

Produsen perlengkapan rumah tangga ini masih akan menjaring ide-ide kreatif mahasiswa di tanah air dengan melakukan "road show" di beberapa universitas yang memiliki fakultas desain produk seperti Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Esa Unggul, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Nasional (ITENAS) dan Universitas Katolik Parahyangan.

Namun demikian masih terbuka kemungkinan mahasiswa desain produk dari universitas di daerah lain untuk mengirimkan karyanya mengingat ajang ini baru akan ditutup 1 Mei 2010, katanya.

Delapan finalis akan diundang mempresentasikan karyanya di salah satu pusat desain perusahaan itu di London dan desain terbaik akan diberikan kesempatan magang selama enam bulan di salah satu dari lima pusat desain perusahaan ini yang tersebar di lima negara.

 

(prs/PRS/ant)

(foto : designcollector)



Artikel Terkait :

Program Beasiswa Presiden Indonesia 2014 Dibuka
Mahasiswa Ciptakan Kopi Luwak Fermentasi
Mahasiswa Asing Ikut Festival Kuliner Di IPB Bogor
148 Pelajar Mendapat Beasiswa Dari Pemerintah Jepang
Peminat Jurusan Sains & Teknik Masih Rendah
Mahasiswa UNY Temukan Mesin Sangrai Melinjo
Menhut Memberikan Ajakan Pelestarian Hutan
UMB Kerjasama Dengan PT Pindad
Mahasiswa Senegal Dapat Beasiswa Belajar Di Indonesia
Mahasiswa Temukan Senyawa Penghambat Bakteri Tipus

Karirinfo Archieves


Konten : Job Search | Event | About Us
Management : ADVERTISING | DISCLAIMER | PRIVACY