Vibizdaily    Financial    Regional    Management    Tekno Biz    Info Belanja    Jobs & Career    Forum
 
 

Column


Kompetensi Kepemimpinan dan Manajemen I

2009-07-24 00:33:00



Fadjar Ari Dewanto

Managing Partner Vibiz Consulting

Kompetensi secara umum diterjemahkan sebagai suatu karakteristik individu yang tampak untuk mendorong terciptanya kinerja yang superior . Kompetensi adalah perilaku yang memungkinkan seseorang untuk dapat mencapai hasil yang dipersyaratkan dari jabatan/perannya. Sehingga Kompetensi Kepemimpinan dan Manajemen Proses adalah karakteristik dan perilaku yang memungkinkan seorang untuk dapat berhasil di dalam menjalankan peran kepemimpinan termasuk melakukan proses manajemennya.

Kompetensi dapat digambarkan sebagai Gunung Es. Bagian dasar dari kompetensi lebih sukar di “lihat” namun justru sebagian besar membentuk perilaku yang berada dipermukaan dan menentukan keberhasilan di masa depan. Pranata sosial, nilai dan gambaran pribadi berada pada tingkat kesadaran sedangkan Traits dan motivasi berada lebih jauh dari permukaan. Keseluruhan elemen yang berada di bawah permukaan ini menjadi penting sepanjang mereka dapat diobservasi dan mempengaruhi kinerja individu.


Fokus kompetensi yang disusun berdasarkan pada tingkatan peran manajerial yang dikenal sebagai Kompetensi Kepemimpinan dan Manajemen Proses. Tingkatan perilaku di dalam masing-masing kompetensi ditentukan berdasarkan peran kepemimpinan dan manajemen proses serta kompleksitas persoalan yang dihadapi  dari masing-masing tingkatan jabatan.

Dua kompetensi pertama yang dimiliki oleh pemimpin dan manajemen :

Dorongan (untuk) Berprestasi
Dorongan (untuk) Berprestasi adalah pemikiran untuk bekerja secara efisien dan melampaui Standar Prestasi. Standar tersebut bisa berupa prestasi diri sendiri di masa lalu, sasaran yang objektif, melebihi orang lain, sasaran yang menantang yang telah ditentukan, atau bahkan sasaran yang belum pernah dikerjakan orang lain sebelumnya. Intinya adalah secara konsisten bertindak lebih baik, lebih cepat, lebih efisien dengan biaya lebih murah.

 

 

Metode sendiri dalam mengukur hasil kerja terhadap standar prestasi yang bukan ditetapkan oleh orang lain.  Bisa berfokus pada cara baru atau cara yang lebih akurat untuk mencapai sasaran yang ditentukan manajemen.

 

 

 

Membuat perubahan yang spesifik dalam sistem atau metode kerja sendiri untuk meningkatkan kinerja (misalnya melakukan sesuatu dengan lebih baik, lebih cepat, dengan biaya rendah, lebih efisien, meningkatkan kualitas, kepuasan nasabah, moral, revenue), tanpa menentukan sasaran yang spesifik.  Peningkatan ini harus dapat dilihat dan diukur.

 

 

 

Menetapkan dan bekerja untuk mencapai sasaran yang menantang. Tidak puas dengan tingkat keberhasilan yang dicapai  sekarang.  Memberikan prioritas untuk mencapai hasil kerja, jika perlu mengalahkan urusan pribadi.

 

 

 

Melakukan analisa “Cost-Benefit”.  Mengambil keputusan, menetapkan prioritas atau memilih sasaran berdasarkan input dan output yang telah diperhitungkan

 

 

 

Menginvestasi sumber daya yang signifikan dan/atau waktu (dalam keadaan tidak pasti atau resiko yang telah diperhitungkan) untuk meningkatkan keuntungan (misalnya meningkatkan kinerja, mencapai tujuan yang menantang, dll). 

 

Mempengaruhi Orang Lain 
Mempengaruhi orang lain  adalah usaha untuk membujuk, meyakinkan dan mempengaruhi atau mengesankan orang lain untuk menciptakan aliansi dan komitmen dan mendukung keinginannya.  Kompetensi ini menekankan bagaimana mempengaruhi atau menimbulkan dampak pada orang lain.

 

 

Mengambil tindakan-tindakan untuk membujuk tanpa berusaha menyesuaikan dengan tingkatan atau minat hadirin.  Membuat dua atau lebih argumen dalam presentasi atau diskusi.

 

 

 

Memodifikasi presentasi atau diskusi untuk menarik minat hadirin.  Mengantisipasi efek dari tindakan atau detil lain terhadap pandangan/reaksi hadirin.

 

 

 

Menggunakan serangkaian pengaruh tidak langsung.  Mengambil beberapa tindakan untuk mempengaruhi dengan menyesuaikan setiap tindakan tersebut dengan hadirin.  Menggunakan ahli atau pihak ketiga untuk membujuk atau meyakinkan.

 

( Fadjar Ari Dewanto/PRS/vj )



Column Archieves


Konten : Job Search | Event | About Us
Management : ADVERTISING | DISCLAIMER | PRIVACY