Cara Mengelola Blog Agar Menghasilkan Uang Yang Banyak

Diposting pada

Siapakah yang belum bisa membuat blog atau bahkan belum mengenal blog ? Hampir semua orang bisa membuat blog, sebab caranya tidak terlalu sulit dan sudah banyak panduannya di Internet. Meskipun demikian, masih banyak para blogger yang belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Dan pada kesempatan ini, saya akan coba untuk berbagi tips bagaimana cara mengelola blog agar menghasilkan uang.

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog, sobat harus bisa mengelola blog tersebut secara baik dan benar. Hal pertama yang perlu diketahui yaitu apabila hendak membuat sebuah blog, supaya terlebih dahulu sobat menyusun tujuan blog tersebut. Lalu menentukan seperti apa nantinya blog itu akan di monetizing (untuk menjadi sumber penghasilan). Berdasarkan beberapa pengalaman teman blogger yang sudah sukses, ternyata cara mereka membangun blog agar menghasilkan banyak uang itu berbeda-beda.

Ada blogger yang mampu membuat lebih dari satu blog, bahkan lebih dari 10 blog yang berbeda-beda kategori. Mereka dapat membuat blog baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Tak jarang para pemilik blog juga membangun blognya dengan membeli artikel melalui jasa penulis, terutama untuk blog yang berbahasa Inggris.

 

6 Cara Mengelola Blog Agar Menghasilkan Uang

Cara Mengelola Blog Agar Menghasilkan Uang Yang Banyak
Cara Mengelola Blog Agar Menghasilkan Uang Yang Banyak – image from google

Blog-blog yang dibangun dengan tujuan “Make Money “oleh para blogger, pasti akan digunakan untuk menghasilkan uang dengan cara mengikuti beberapa program monetizing. Dengan mengikuti salah satu program seperti google adsense, maka blog sudah dapat menghasilkan uang . Hanya saja, setiap blog dapat memiliki penghasilan yang berbeda tergantung dengan tema atau jenis blog, serta kecocokan program yang diikuti nantinya. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang sering digunakan blogger sukses untuk menghasilkan uang dari blognya.

 

1. Menghasilkan Uang Melalui Program Affiliate Marketing

Salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan melalui program Affiliate Marketing atau affiliasi. Nah, untuk sukses menghasilkan uang melalui program ini, maka sobat harus pintar menyesuaikan niche blog dengan produk affiliate. Sebagai contoh : Blog dengan niche seputar internet marketing, maka lebih baik program affiliasi yang diikuti adalah produk ebook facebook marketing, tools internet marketing, dan ebook internet marketing lainnya. Itu hanya sebagai contoh, pada intinya program affiliate yang dipilih harus berhubungan dengan niche blog sobat.

Langkah yang dapat sobat lakukan untuk menghasilkan uang dari blog + Program afiliasi, yaitu dengan cara menentukan terlebih dahulu produk affiliate apa yang akan dijual, kemudian barulah sobat membangun blognya. Contohnya ketika kita hendak membangun blog yang nantinya digunakan untuk mempromosikan produk yang ada di Ratakan.com, maka pertama-tama lakukanlah riset terlebih dahulu. Cari tahu mengenai produk apa yang ingin dipromosikan, lalu cari keywords apa saja yang dapat menunjung SEO, kemudian cari cara untuk membangun kontennya.

Perlu diperhatikan, dalam membangun blog konten yang dibuat harus bernilai tinggi serta dapat membantu bagi rasa penasaran pengunjung. Sebab kemungkinan besar keberhasilan penjualan (konversi), akan berbanding lurus dengan kualitas konten Sobat. Program affiliasi, tidak hanya dari Ratakan.com saja, namun ada juga dari Affiliate lain seperti Amazon.com. Dari kedua program affiliate itu, sudah terbukti banyak yang mampu menghasilkan Jutaan bahkan sampai Puluhan juta rupiah.

 

2. Penyewaan Ruang banner Iklan

Biasanya cara ini diterapkan pada blog yang memiliki traffick yang banyak. Sebab biasanya pengiklan yang potensial alias yang membayar mahal, akan mudah didapat ketika blog kita sudah dibanjiri banyak pengunjung. Jika sudah memenuhi standar maka akan ada banyak pengiklan yang menawarkan kerjasama pemasangan banner di blog sobat. Berdasarkan beberapa pengalaman blogger sukses, ada pengiklan yang mampu menyewa tempat untuk ruang bannernya hingga mengeluarkan 500.000 hingga 1.500.000 setiap bulannya.

Yang perlu sobat perhatikan yaitu apapun produk yang ingin sobat terima, haruslah sesuai dengan niche dari blog yang sobat bangun. Sebagai contoh niche blog sobat adalah tentang internet marketing atau peluang usaha, maka banner iklan yang cocok Sobat terima yaitu produk atau website yang berhubungan seputar niche tersebut. Tujuannya agar pengunjung tidak merasa aneh melihat banner iklan tersebut, dan konversi dari blog akan menjadi lebih baik.

 

3. Mejual Produk Sendiri

Hal yang perlu digarisbawahi Sobat harus punya bisnis yang akan ditawarkan ke pengunjung. Pernahkan kamu melihat blog yang berisi konten kreatif ? seperti kegiatan sang penulis sehari-hari, contohnya hobi, dan juga keahlianya pada suatu bidang tertentu.

Pada blog tersebut sang penulis menjual sebuah produk, baik hobi ataupun jasanya kepada para pengunjung. Alhasil, dia mendapatkan penghasilan dengan cara mempromosikan dan menjual jasa ataupun produknya di blog tersebut. Selain itu dia juga mendapatkan jaringan teman-teman blogger di internet berkat konten kreatif mereka.

Sebagai contohnya yaitu blog Pursuingmydreams.com milik Nella dari Jerman. Pada blog tersebut, selain melihat-lihat tulisan beliau, sobat juga dapat melihat dia mempromosikan penjualan bibit bunga kepada teman-teman blogger lain. Yap, salah satu hobi miliknya adalah menanam bunga. Sehingga banyak artikelnya yang membahas tentang bunga, lalu dia juga menggunakan blog miliknya untuk menjadi media penjualan bibit bunganya.

 

4. Melakukan pembuatan Artikel untuk Bisnis

Paid For Review
Paid For Review – image for google

Nama lain kegiatan ini adalah Paid for Review. Yap, saat ini mulai banyak perusahaan yang berani mengeluarkan biaya agar produk bisnisnya dibahas dalam suatu konten review. Konten review tersebut nantinya akan dipromosikan pada blog yang sudah memenuhi standar perusahaan. Berdasarkan pengalaman beberapa blogger sukses, untuk setiap artikel review yang mereka buat biasanya akan dibayar antara 300.000 hingga 500.000, sesuai hasil kesepakan antar kedua pihak.

Nah, permasalahannya adalah bagaimana blog sobat bisa memenuhi standar prusahaan. Sebagai contoh blog yang sering mendapat Paid for Review yaitu blog Maxmaroe.com, beliau bercerita bahwa ia sering dikirimi email dari perusahaan yang meminta untuk dibuatkan artikel review yang membahas bisnis perusahaan tersebut.

Jika Sobat tidak mau susah dalam menghubungi perusahaan calon pengiklan, maka sobat boleh mencoba untuk mendaftarkan diri sebagai publisher IDblognetwork. Sebab sudah banyak bloger yang sering mendapat tawaran membuat artikel review dari Idblognetwork tersebut. Dan biasanya perusahaan yang meminta konten review untuk produknya, tentu mau membayar mahal.

 

5. Menjual Jasa Pembuatan Blog atau Menjual Blog Sobat

Nah, jika blog yang telah kita bangun memiliki trafik pengunjung yang baik, konten yang bagus, serta tata letak yang rapih, maka blog tersebut memiliki harga jual yang lumayan. Sehingga Sobat bisa menjualnya untuk menghasilkan uang. Tentu terasa sangat berat jika ingin menjual blog yang sudah susah payah dibangun, namun jika memang Sobat mulai tidak ada waktu atau tidak mampu untuk merawat blog tersebut,maka menjual blog dapat menjadi pilihan.

Jika sobat kesulitan untuk menjual blog karena tidak memiliki jaringan, maka sobat bisa mencoba untuk bekerjasama dengan seorang broker atau pelantara . Yap, broker tersebut akan sangat membantu untuk menemukan seorang pembeli blog yang potensial dan mau membayar mahal. Dengan demikian uang hasil penjualan blog tersebut, dapat sobat jadikan untuk modal mengembangkan bisnis lain.

 

6. Mengikuti Program Publisher Google Adsense

Nah, ini yang saat ini menjadi cukup populer dikalangan blogger. Sebab berbagai jenis niche blog dapat mengikuti program Google Adsense (kecuali yang dilarang ya…). Google Adsense merupakan program Pay Per Clik atau disingkat PPC yang sudah sangat terkenal dan yang sudah terbukti membayar untuk setiap klik iklan yang terjadi pada blog publishernya. Untuk dapat bergabung menjadi seorang publisher dan mulai mendapatkan uang dari Google Adsense, Sobat wajib memiliki sebuah website/ blog yang sudah berisi konten yang memadai.

Dalam program Google Adsense ini, penghasilan setiap publishernya didapatkan dari jumlah klik valid iklan Adsense yang dipasangkan dalam blog. Tetapi jangan sampai sobat melakukan klik pada iklan dalam Blog sobat sendiri. Sebab itu sangat dilarang oleh pihak Google Adsense dan nantinya akun sobat dapat dikenakan Banned.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Cara Mengelola Blog Agar Menghasilkan Uang. Mungkin ada juga blogger sukses lainnya yang tidak menggunakan cara diatas alias menggunakan cara lain. Namun pada umumnya dengan 6 cara diatas sobat sudah sedikit mengerti bagaimana cara mengelola blog agar menghasilkan uang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *